Minggu, 08 Februari 2015

Walinagari Lambah berharap Nagari Lambah dapat menjadi Kawasan Pengembangan Peternakan di Kabupaten Agam


Nagari Lambah menjadi penutup kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Ampek Angkek. Musrenbang yang dilaksanakan hari ini, tanggal 9 Februari 2015 bertempat di lantai dua aula kantor Nagari Lambah ini bertujuan untuk menjemput aspirasi dari masyarakat berdasarkan prioritas-prioritas utama. Turut menghadiri kegiatan tersebut Syaiflin, Ketua Komisi IV DPRD Agam yang membawahi bidang pendidikan, kesehatan, serta juga turut hadir Bulqaini, S. Fil anggota komisi II DPRD Agam yang membidangi Perekonomian dan Pertanian.
Dalam usulan Musrenbang Nagari Lambah, penyuluh peternakan Yose Elfiranto, SST memberikan masukan dan gambaran, bahwa Kabupaten Agam dibagi menjadi kawasan Jeruk dan Peternakan. Nagari Lambah sangat potensial dalam hal pengembangan keduanya. Potensi pengembangan kawasan peternakan di Nagari Lambah sangat melimpah. Hal ini didukung juga dengan keberadaan Puskeswan di Jorong Koto Hilalang.
 Selain itu potensi kelompoktani RGN di Jorong Koto Marapak, perlu mendapat sentuhan dari pemerintahan Kabupaten Agam melalui Bupati Agam. Untuk itu pihak Nagari harus bisa mengekspos potensi yang dimiliki kelompoktani RGN tersebut.
Camat menyampaikan bahwa tidak ada usulan yang naik di jalan, sebab jika hal tersebut dilaksanakan maka pihak nagari bersalah dalam pengambilan keputusan. Dalam mengusulkan prioritas jangan hanya usulan pisik saja yang diajukan.
Syaiflin menyampaikan bahwa ada nomenklatur pengusulan dalam Musrenbang. Diperlukan kecerdasan dan kearifan dalam rangka memajukan Nagari. Hal ini didukung juga oleh Bulqaini, S. Fil, yang menyampaikan bahwa utamakan kepentingan bersama. Bulqaini, S. Fil berharap kelompoktani yang ada di Kecamatan Ampek Angkek mengajukan proposal pertanian meliputi proposal peternakan, proposal Alsintan dan proposal irigasi tersier. Sebab ketiga bidang tersebut menjadi prioritas pertanian Pemda Agam.
Menutup Musrenbang, walinagari Lambah berharap Nagari Lambah dapat menjadi Kawasan Pengembangan Peternakan di Kabupaten Agam. (Sang T)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar