Selasa, 03 Februari 2015

MUSRENBANG Biaro Gadang Untuk Kegiatan Pertanian




Rabu, 4 Februari 2015 Nagari Biaro Gadang melakukan MUSRENBANG bertempat di aula kantor Walinagari. Turut menghadiri acara tersebut Bapak Camat beserta staf, Koramil, para tokoh masyarakat, Bundo Kanduang, Kepala Jorong dan dinas Instansi.
Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana masyarakat saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urutan dan alokasi anggaran. Musrenbang di Nagari dilaksanakan pada awal tahun.
Pada kesempatan ini, Ka. UPT BP4K2P Kecamatan Ampek Angkek menyampaikan usulan dan prioritas kegiatan untuk Nagari Biaro Gadang sebagai berikut:




  1. Pengadaan Hand Tractor untuk beberapa  
  2. Pengadaan Threaser
  3. Pengadaan Biogas untuk kelompoktani yang bergerak di bidang sektor peternakan
  4. Pengembangan kawasan Jeruk Madu
  5. KRPL
  6. Bantuan benih ikan
  7. Pelatihan manajemen bagi Gapoktan
  8. Jalan usaha tani di Banda Pili
  9. Dukungan dan bantuan pada kegiatan pertanian organik di kelompoktani Ikhlas
  10. Bantuan UPPO dan pengembangan kawasan peternakan
Menutup pembicaraan , dukungan dari Nagari dan Kecamatan di bidang pertanian, peternakan dan perikanan sangat diperlukan dalam rangka memajukan kegiatan tersebut di Nagari Biaro Gadang. Diharapkan melalui usulan MUSRENBANG tersebut, setiap pengusulan  yang menjadi prioritas utama dapat diterima dan diwujudkan pada tahun 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar