Senin, 02 Februari 2015

Hasil Yang Melimpah Dari Kelompoktani Maju Bersama

Panampuang, 2 Februari 2015. 
Pelaksanaan panen padi Kegiatan SL-PTT Pemantapan pada kelompoktani Maju Bersama Jorong Lurah Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek sangat menggembirakan. Dari hasil ubinan yang dilakukan, diperoleh hasil sebanyak 8,2 Ton/Ha/MT. Hal ini jauh diatas capaian Kecamatan sebanyak 6,1 Ton/Ha/MT. Penggunaan bibit padi varietas Ampek Angkek yang digunakan, pemupukan berimbang, perawatan yang sesuai arahan penyuluh pertanian sangat mempengaruhi hasil yang diperoleh.
Selain itu faktor utama keberhasilan produksi, disebabkan karena kelompoktani mau menerapkan sistem tanam “Jarwo” atau Jajar Legowo dengan sistem tanam 4 : 1. 

Warnerim, SP selaku penyuluh pertanian Nagari Panampuang menyampaikan kelebihan Sistem Tanam Jarwo sebagai berikut:

1.      Mengurangi serangan hama tikus
2.      Tanaman mendapatkan intensitas cahaya penuh
3.      Anakan tumbuh berkembang
4.      Mengurangi serangan penyakit tanaman.
Selanjutnya, Warnerim, SP meminta supaya kelompok melaksanakan pertemuan kelompok secara rutin. Kelompok juga diharapkan tetap menggunakan bibit varietas Ampek Angkek dengan sistem tanam Jarwo.
Yose Elfiranto, SST, selaku penyuluh peternakan, menyampaikan bahwa keberhasilan kelompok ditentukan oleh pengadministrasian yang baik. Kelengkapan admnistrasi dapat dimulai dari pembuatan profil kelompok yang mencakup evaluasi kegiatan sebelumnya dan rencana kerja kelompok untuk tahun berikutnya. Dari profil yang ada, kita dapat tahu potensi yang ada pada kelompok tersebut.
Asral, SP menutup punyuluhan, menyampaikan bahwa kelompoktani harus memanfaatkan fasilitas yang ada pada kelompok, dan mau merawat fasilitas tersebut sehingga bisa terus dapat dimanfaatkan. (Sang T)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar