Senin, 16 Februari 2015

Monisfar: "Penyuluh Mampu Menciptakan Inovasi dan Memberikan Contoh Bagi Petani"

Selasa, 17 Februari. Dengan menggunakan atribut KORPRI, Monisfar, S.Sos mengunjungi UPT BP4K2P Kecamatan Ampek Angkek bersama rombongan. Turut hadir pejabat yang baru dilantik oleh Bupati Agam untuk BP4K2P yaitu Syafrizal, S,Sos yang merupakan Kepala Bidang Penyuluhan dan Zufren, SP selaku Sekretaris BP4K2P. Kunjungan rombongan BP4K2P Kabupaten Agam tersebut dalam rangka silaturahmi dan sosialisasi pejabat baru lingkup BP4K2P.
Syafrizal, S,Sos merasa seperti anak yang hilang kembali pulang dengan bergabungnya kembali ke dunia penyuluhan. Dengan mottonya ciptakan senyuman dalam bekerja, Syafrizal, S,Sos berharap penyuluh harus menunjukkan kelasnya. Penyuluh harus mengeluarkan imajinasi dan inovasinya dalam mengembangkan suatu kreativitas sehingga apa yang dilakukan dapat menjadi suri tauladan.
Sementara itu, Zufren, SP berharap masukan dan saran dari para penyuluh dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap para penyuluh itu sendiri. Sekretariat adalah pelayan bagi para penyuluh dan seharusnya mempermudah pengadministrasian para penyuluh. Mari kita tingkatkan marwah dan nilai penyuluh.
Nasib penyuluh janganlah seperti “Puluik-puluik”. “Tabaok lai tapi indak dinilai urang”. Untuk itu Monisfar, S.Sos memberikan tiga kunci moralitas yang harus dimiliki penyuluh supaya tidak seperti Puluik-puluik. 


1)     Moralitas individu
Penyuluh harus mempunyai sikap, prilaku dan karakter menjadi suri tauladan bagi petani
2)     Moralitas intelektual
Penyuluh harus berinovasi dan kreatif dalam melakukan suatu pekerjaan, karena tanpa kreatifitas maka penyuluhan akan mati
3)     Moralitas integritas
Merupakan sikap bangga terhadap penyuluhan dan menjaga nama besar Korp penyuluhan.

Ke depan Monisfar berharap, penyuluh mampu menciptakan inovasi dan memberikan contoh bagi petani di saat para petani sudah semakin canggih dengan perkembangan IT. Penyuluh harus melek terhadap perkembangan teknologi. (Sang T).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar