Rabu, 07 Januari 2015

UPT BP4K2P Kecamatan Ampek Angkek sosialisasikan Cyber Extention dan Simluhtan



UPT BP4K2P menyelenggarakan Training penyuluhan yang perdana di tahun baru 2015 yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 7 Januari 2015. Training penyuluhan ini dihadiri oleh seluruh pegawai UPT BP4K2P Kecamatan Ampek Angkek. Sesuai dengan motto Bupati Agam “Tiada Kerja Tanpa Berita Dan Tiada Berita Tanpa Kerja”, UPT BP4K2P Kecamatan Ampek Angkek melakukan sosialisasi Cyber Extention dan Simluhtan kepada seluruh penyuluh. Hal ini dilaksanakan mengikuti arahan dari Kepala Badan Penyuluhan setelah diadakannya pelatihan dan sosialisasi Cyber Extention dan Simluhtan oleh BPSDM kepada para penyuluh.
Cyber Extension adalah suatu mekanisme pertukaran informasi pertanian melalui area cyber, suatu ruang imajiner-maya di balik interkoneksi jaringan komputer melalui peralatan komunikasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media baru penyuluhan ini dirasa lebih efektif dan efisien dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian guna meningkatkan akses informasi kepada; PPL (Penyuluh Pertanian Lapang) sehingga proses transformasi ilmu ke petani menjadi update. Disamping itu, user juga dapat secara interaktif berbagi informasi dan ilmu pengetahuan di kolom yang disediakan.
Simluhtan atau Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian memuat kelembagaan penyuluhan, ketenagaan penyuluhan dan kelembagaan pelaku utama. Simluhtan tersebut perlu selalu di update untuk memperbarui potensi pertanian setempat.
Diharapkan dari sosialisasi Cyber Extention dan Simluhtan tersebut, para penyuluh melek internet sehingga tidak hanya menjadi penonton di tahun 2015 ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar